Bertemu lagi di farpunya.blogspot.com kali ini kami mau ngeshare bagaimana cara membaca tabulasi pada gitar
Di bawahini adlh bit kosong dari TAB dgn nama string pada bagian kiri.
E—————————————————————-
E—————————————————————-
B—————————————————————-
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-
Nomor-nomor ditulis pada garis untuk menunjukan pada fret mana dari string dgn tangan kiri. Bila sebuah nol muncul, artinya mainkan dgn string terbuka. Seperti notasi standar musik, baca dari kiri ke kanan untk mengetahui urutan note yg harus dimainkan. Bagian dari TAB berikut mempunyai arti memainkan sederetan note (E F F# G G# A) pada bagian bawah senar E dgn
menggerakkan fret s'cara berurutan, dimulai dgn string terbuka.
E—————————————————————-
Nomor-nomor ditulis pada garis untuk menunjukan pada fret mana dari string dgn tangan kiri. Bila sebuah nol muncul, artinya mainkan dgn string terbuka. Seperti notasi standar musik, baca dari kiri ke kanan untk mengetahui urutan note yg harus dimainkan. Bagian dari TAB berikut mempunyai arti memainkan sederetan note (E F F# G G# A) pada bagian bawah senar E dgn
menggerakkan fret s'cara berurutan, dimulai dgn string terbuka.
E—————————————————————-
B—————————————————————-
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—0–1–2–3–4–5———————————————
OK sampai saat ini ?
OK sampai saat ini ?
Berikut adlh note yang dimainkan secara bersaman. Jika 2/lebih note akan dimainkan bersamaan, mereka dituliskan diatas 1 sama lainnya, sekali lg seperti notasi standar.
Cnth berikut kita mempunyai sebuah Kord balok G.
E—-3————————————————————
Cnth berikut kita mempunyai sebuah Kord balok G.
E—-3————————————————————
B—-3————————————————————
G—-4————————————————————
D—-5————————————————————
A—-5————————————————————
E—-3————————————————————
Jadi ini artinya mainkan semua note tersebut secara bersamaan sbgai kord.
Terkadang jg terlihat kord yg sama dituliskan sepertini :
E——–3——————————————————–
Terkadang jg terlihat kord yg sama dituliskan sepertini :
E——–3——————————————————–
B——-3———————————————————
G——4———————————————————-
D—–5———————————————————–
A—-5————————————————————
E—3————————————————————-
Yg berarti bunyikan dgn bentuk yg sama dimulai dari string terendah, jd berarti setiap string dibunyikan segera stlh string terakhir, tetapi semua notasi akan berbunyi bersamaan. Dibawahni ada sebuah contoh lg dgn bntuk yg sama, tetapi dgn jarak yg sedikit lbh besar – sehingga km mungkin harus memetik string tersebut secara terpisah daripda membunyikannya secara perlahan.
E——————3———————————————-
E——————3———————————————-
B—————3—–3——————————————–
G————4———–4—————————————–
D———5—————–5————————————–
A——5———————–5———————————-
E—3—————————–3——————————–
Disinilah perbedaan TAB dari notasi standar. Kebanyakan dari TAB *tidak* akan
memberitahukan panjangnya note. Biasanya itu tergantung dari kamu untuk
mendengarkan lagu tersebut untuk mdpatkan iramanya. TAB harus bisa memberikan indikasi dari waktu tersebut. Pada contoh di atas semua note dipisahkan dgn jarak yg sama sehingga km bisa membuat asumsi bahwa note tersebut mempunyai jarak yg sama
(mungkin semua seperdelapan note atau seperempat) tapi ini tdk selamanya benar itu tergantung dari siapa yg menuliskan TAB tersebut.
Sebagai aturan umum, jarak dari note pada TAB seharusnya memberitahukan km note mana yg panjang dan mana yg pendek dan yg cepat, tapi biasanya tidak akan memberitahukan anda jika sebuah note adlh sebuah triplet/lainnya yg seperti itu. Sekali lagi, ini akan sangat tergantung dgn siapa yg menuliskan TAB tersebut.
Sebagai contoh, ini adlh beberapa note dari Lagu Nasional Amerika dlm TAB.
Km tentu dpt melihat jelas bahwa perbedaan jarak tergantung dari panjang note.
E———————–0——–4–2-0————————–
B—0————–0———————————0———–
G——1——1—————————-1—-3—————-
D——–2——————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-
Biasanya akan lebih mudah tuk memainkan TAB dari lagu yg sudah km kenal baik daripda lagu yg belum pernah km dengar karna akan lebih terbiasa dgn irama dari lagu yg sudah dkenal. Simbol lainnya yg dgunakan didlm TAB.
Sejauhni saia tlh melihat note mana yg
harus dimainkan : senar mana yg harus dtekan,dan dkolom mana. Saia tlh menyinggung bagaimana mengetahui pnjang note dgn melihat jarak antara note pada TAB, tp ini hanya bisa sebagai panduan kasarnya. Km akan harus selalu memeriksanya dgn trak lagu,haslinya untuk mendapatkan dtail dari iramanya.
Bnyk dari informasi penting dpt dmasukkan kedlm bagian TAB. Ini termasuk hammer-ons (pukul), pulls offs (melepaskan), slides (geser), bends, vibrato dan lainnya.
Yg harus dilakukan adlh menuliskan karakter tambahan/simbol antara note untk mengindikasikan bagaimna cara memainkannya? Dibawah ini adlh karakter/simbol
yg sering digunakan:
h – hammer on
p – pull off
b – bend string up
r – lepas bend
/ – geser keatas
\ – geser kebwh
v – vibrato (kadang dtuliskan ~)
t – tap dgn tangan kanan
x – mainkan ‘note’ dgn damping yg berat
Untk slides (penggeseran), s terkadang digunakan untk mengindikasikan apkah menggeser keatas/kebwh. Simbol untk harmonics djelaskan dbwh pd bagian 3.2
Yg terakhir, x, dgunakan untk mendapatakan choppy, suara perkusi. Km biasa'a menggunakan tangan fret untk damp ringan senar sehingga ketika
akan membunyikan note tersebut seakan" suaranya mati.
Catatan bahwa penggunaan ‘x’ *sangat* berbeda dari penggunaan ‘x’ saat memberikan bntk kord.
Sbagai cth jika dtuliskan kord D, maka akan terlilhat :
EADGBE
Biasanya akan lebih mudah tuk memainkan TAB dari lagu yg sudah km kenal baik daripda lagu yg belum pernah km dengar karna akan lebih terbiasa dgn irama dari lagu yg sudah dkenal. Simbol lainnya yg dgunakan didlm TAB.
Sejauhni saia tlh melihat note mana yg
harus dimainkan : senar mana yg harus dtekan,dan dkolom mana. Saia tlh menyinggung bagaimana mengetahui pnjang note dgn melihat jarak antara note pada TAB, tp ini hanya bisa sebagai panduan kasarnya. Km akan harus selalu memeriksanya dgn trak lagu,haslinya untuk mendapatkan dtail dari iramanya.
Bnyk dari informasi penting dpt dmasukkan kedlm bagian TAB. Ini termasuk hammer-ons (pukul), pulls offs (melepaskan), slides (geser), bends, vibrato dan lainnya.
Yg harus dilakukan adlh menuliskan karakter tambahan/simbol antara note untk mengindikasikan bagaimna cara memainkannya? Dibawah ini adlh karakter/simbol
yg sering digunakan:
h – hammer on
p – pull off
b – bend string up
r – lepas bend
/ – geser keatas
\ – geser kebwh
v – vibrato (kadang dtuliskan ~)
t – tap dgn tangan kanan
x – mainkan ‘note’ dgn damping yg berat
Untk slides (penggeseran), s terkadang digunakan untk mengindikasikan apkah menggeser keatas/kebwh. Simbol untk harmonics djelaskan dbwh pd bagian 3.2
Yg terakhir, x, dgunakan untk mendapatakan choppy, suara perkusi. Km biasa'a menggunakan tangan fret untk damp ringan senar sehingga ketika
akan membunyikan note tersebut seakan" suaranya mati.
Catatan bahwa penggunaan ‘x’ *sangat* berbeda dari penggunaan ‘x’ saat memberikan bntk kord.
Sbagai cth jika dtuliskan kord D, maka akan terlilhat :
EADGBE
xx0232
Dmna ‘x’ berarti tdk dmainkan.
Pd Tab dasumsikan bhwa sbuah string tdk dmainkan jika tdk dtandai. Sehingga kord yg sama pd Tab akan seperti :
E—–2———————————————————–
Dmna ‘x’ berarti tdk dmainkan.
Pd Tab dasumsikan bhwa sbuah string tdk dmainkan jika tdk dtandai. Sehingga kord yg sama pd Tab akan seperti :
E—–2———————————————————–
B—–3———————————————————–
G—–2———————————————————–
D—–0———————————————————–
A—————————————————————-
E—————————————————————-
tanpa ‘x’. ‘x’ hanya dgunakan pd TAB untk merepresentasikan mute senar yg berat yg dbunyikan/dpetik untk meberikan suara perkusi. Ad bebrp dari simbol lain'a untk hal" seperti whammy bar bends,
petikan scrapes dan lain'a. Sepertinya tdk ad standar penulisan sebagai
acuan untk menuliskan'a ditail/keterangan harus dberikan didlm TAB untuk menjelaskan arti dari simbol tersebut.
TAB Bass kemungkinan akan membutuhkan beberapa ekstra simbol untk memenuhi
kebutuhan atas perbedaan tehknik yg dpakai dlm memainkan bass sebagai cntoh slapping dan ‘popping’ senar dgn jari jempol/jari tengah.
Km bisa menggunakan ‘s’ untuk slap dan ‘p’ untuk pop selama dituliskan
*dibawah* baris tab untk menjelaskannya dari slide dan pull off yg seharusnya dituliskan
*di atas* garis dari tab.
HAMMER ONS DAN PULL OFFS.
Dgn hammer-ons dan pull-offs km mungkin menemukannya seperti hal berikut :
E—————————————————————-
tanpa ‘x’. ‘x’ hanya dgunakan pd TAB untk merepresentasikan mute senar yg berat yg dbunyikan/dpetik untk meberikan suara perkusi. Ad bebrp dari simbol lain'a untk hal" seperti whammy bar bends,
petikan scrapes dan lain'a. Sepertinya tdk ad standar penulisan sebagai
acuan untk menuliskan'a ditail/keterangan harus dberikan didlm TAB untuk menjelaskan arti dari simbol tersebut.
TAB Bass kemungkinan akan membutuhkan beberapa ekstra simbol untk memenuhi
kebutuhan atas perbedaan tehknik yg dpakai dlm memainkan bass sebagai cntoh slapping dan ‘popping’ senar dgn jari jempol/jari tengah.
Km bisa menggunakan ‘s’ untuk slap dan ‘p’ untuk pop selama dituliskan
*dibawah* baris tab untk menjelaskannya dari slide dan pull off yg seharusnya dituliskan
*di atas* garis dari tab.
HAMMER ONS DAN PULL OFFS.
Dgn hammer-ons dan pull-offs km mungkin menemukannya seperti hal berikut :
E—————————————————————-
B—————————————————————-
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A———5h7———–5h7————————————–
E—0–0———-0–0——————————————-
yg berarti memainkan E terbuka 2kali, lalu tekan senar A pd kolom5 dan hammer pd kolom7. Pull offs terlihat sangat sama :
E—-3p0————————————————————
yg berarti memainkan E terbuka 2kali, lalu tekan senar A pd kolom5 dan hammer pd kolom7. Pull offs terlihat sangat sama :
E—-3p0————————————————————
B———3p0——————————————————-
G————–2p0————————————————–
D——————-2———————————————
A—————————————————————-
E—————————————————————-
Disini didapatkan descending bluse dgn skala menggunakan pull-offs terhadap string terbuka. Untk setiap pull off hanya mengambil note pertama dari pasangan dgn tangan kanan,sehingga pada contoh ini hanya mengambil semua note pd kolom ke3 dan ke2, dan senar buka akan dbunyikan dgn melepaskan. Karena senar dberikan bit tambahan dengan energi saat hammer on dan pull off, km hanya perlu membunyikan note pertama dgn menggunakan tangan pick. Km jg bisa mendapatkan senar yg panjang dgn hammer-ons dan pull-offs seperti dibawah :
E—————————————————————-
Disini didapatkan descending bluse dgn skala menggunakan pull-offs terhadap string terbuka. Untk setiap pull off hanya mengambil note pertama dari pasangan dgn tangan kanan,sehingga pada contoh ini hanya mengambil semua note pd kolom ke3 dan ke2, dan senar buka akan dbunyikan dgn melepaskan. Karena senar dberikan bit tambahan dengan energi saat hammer on dan pull off, km hanya perlu membunyikan note pertama dgn menggunakan tangan pick. Km jg bisa mendapatkan senar yg panjang dgn hammer-ons dan pull-offs seperti dibawah :
E—————————————————————-
B—————————————————————-
G—2h4p2h4p2h4p2h4p2h4p2—————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-
Dlm kasus ini km hanya perlu membunyikan note pertama. Catatan, km mungkin akan mendapatkan simbol lain'a yg dgunakan untk
hammer-on dan pull-off, sebagai contoh ^ dapat dgunakan untk mengartikan
hammer-on dan pull-off.
conth :
G—2^4^2—-
yg berarti “bunyikan note pd kolom ke2, hammer-on kekolom4 dan pull-off
kekolom2″. Akan menjadi mudah jika semua orang menggunakan simbol yg sama, jadi kecuali km mempunyai keberatan yg kuat terhadap ‘h’ dan ‘p’ tolong gunakan itu. Dlm hal lain, untk setiap tab yg dkirimkan harus selalu menerangkan simbol yg dgunakan sehingga jika menggunakan apapun ‘di luar kebisaan’ pastikan untuk menjelaskan maksudnya.
Bends.
Ketika bends terlibat km harus mengetahui seberapa bnyk yg harus dbend note tersebut. Ini dpt dketahui dgn menuliskan jumlah setelah ‘b’.
Sebagai cnth, jika km melihat ini :
E—————————————————————-
Dlm kasus ini km hanya perlu membunyikan note pertama. Catatan, km mungkin akan mendapatkan simbol lain'a yg dgunakan untk
hammer-on dan pull-off, sebagai contoh ^ dapat dgunakan untk mengartikan
hammer-on dan pull-off.
conth :
G—2^4^2—-
yg berarti “bunyikan note pd kolom ke2, hammer-on kekolom4 dan pull-off
kekolom2″. Akan menjadi mudah jika semua orang menggunakan simbol yg sama, jadi kecuali km mempunyai keberatan yg kuat terhadap ‘h’ dan ‘p’ tolong gunakan itu. Dlm hal lain, untk setiap tab yg dkirimkan harus selalu menerangkan simbol yg dgunakan sehingga jika menggunakan apapun ‘di luar kebisaan’ pastikan untuk menjelaskan maksudnya.
Bends.
Ketika bends terlibat km harus mengetahui seberapa bnyk yg harus dbend note tersebut. Ini dpt dketahui dgn menuliskan jumlah setelah ‘b’.
Sebagai cnth, jika km melihat ini :
E—————————————————————-
B——7b9——————————————————-
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-
berarti bunyikan senarB pd kolom ke7, lalu bend note keatas 2 semi tone
(satu langkah sekaligus) sehingga berbunyi pitch sama seperti bunyi note pd kolom9. (Terkadang bend dituliskan pd bagian ke2 didlm tanda kurung,
seperti ini —7b(9)— )
Sesuatu seperti ini :
E—————————————————————-
berarti bunyikan senarB pd kolom ke7, lalu bend note keatas 2 semi tone
(satu langkah sekaligus) sehingga berbunyi pitch sama seperti bunyi note pd kolom9. (Terkadang bend dituliskan pd bagian ke2 didlm tanda kurung,
seperti ini —7b(9)— )
Sesuatu seperti ini :
E—————————————————————-
B——7b9–9r7————————————————–
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-
berarti mainkan note pd kolom 7, bend keatas 2semi tone, bunyikan note lg ketika sedang bend, kemudian lepaskan bend sehingga note tersebut kembali normal.
Terkadang pre-bend dgunakan, ini dmana senar di bend *sebelum* note dibunyikan.
Setelah note dbunyikan, bend dlepaskan. Pre-bends biasanya dtuliskan sebagai berikut :
E—————————————————————-
berarti mainkan note pd kolom 7, bend keatas 2semi tone, bunyikan note lg ketika sedang bend, kemudian lepaskan bend sehingga note tersebut kembali normal.
Terkadang pre-bend dgunakan, ini dmana senar di bend *sebelum* note dibunyikan.
Setelah note dbunyikan, bend dlepaskan. Pre-bends biasanya dtuliskan sebagai berikut :
E—————————————————————-
B——(7)b9r7—————————————————
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-
Berarti: fret note tersebut pd kolom ke7 dan bend senar keatas 2semitones
(tanpa membunyikan nite). Kemudian bunyikan senar tersebut dan lepaskan bend. Terkadang dtenukan note yg dbent keatas hanya seperempat dari tone dan sebagainya. Dlm hal ini akan terlihat sedikit aneh :
B——–7b7.5——–
jika km harus bend keatas setengah fret nilainya.
Tuliskan sebagai berikut :
bend up 1/4 tone
E—————————————————————-
Berarti: fret note tersebut pd kolom ke7 dan bend senar keatas 2semitones
(tanpa membunyikan nite). Kemudian bunyikan senar tersebut dan lepaskan bend. Terkadang dtenukan note yg dbent keatas hanya seperempat dari tone dan sebagainya. Dlm hal ini akan terlihat sedikit aneh :
B——–7b7.5——–
jika km harus bend keatas setengah fret nilainya.
Tuliskan sebagai berikut :
bend up 1/4 tone
E—————————————————————-
B——7b——————————————————–
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-
dgn instruksi mengenai sebrp bnyk bend dtuliskan datas note.
Slides.
Simbol yg paling sering dgunakan adlh / untuk slide keatas dan \ untuk slide ke bawah.
Terkadang jg terlihat ‘s’ dgunakan untk slide.
Km tdk harus membutuhkan simbol terpisah untk slide ‘atas’ dan ‘bawah’
dkarenakan pembacan baris TAB :
E—————————————————————-
dgn instruksi mengenai sebrp bnyk bend dtuliskan datas note.
Slides.
Simbol yg paling sering dgunakan adlh / untuk slide keatas dan \ untuk slide ke bawah.
Terkadang jg terlihat ‘s’ dgunakan untk slide.
Km tdk harus membutuhkan simbol terpisah untk slide ‘atas’ dan ‘bawah’
dkarenakan pembacan baris TAB :
E—————————————————————-
B——7/9——————————————————-
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-
terlihat jelas sebuah slide *ke atas* dari kolom7 kekolom9. Bagaimanapun terkadang djumpai hal seperti berikut :
E—————————————————————-
terlihat jelas sebuah slide *ke atas* dari kolom7 kekolom9. Bagaimanapun terkadang djumpai hal seperti berikut :
E—————————————————————-
B——/7-9-7\—————————————————
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-
dmana slide awal dan akhir tdk jelas dberikan. Dsini km harus mengetahui
apakah km slide ke atas atau ke bawah. Dalam hal ini gunakan keputusan km untuk memilih awal atau akhir kolomnya.
Km jg dpt mempunyai sekumpulan seri dari slide secara bersamaan, seperti ini
E—————————————————————-
dmana slide awal dan akhir tdk jelas dberikan. Dsini km harus mengetahui
apakah km slide ke atas atau ke bawah. Dalam hal ini gunakan keputusan km untuk memilih awal atau akhir kolomnya.
Km jg dpt mempunyai sekumpulan seri dari slide secara bersamaan, seperti ini
E—————————————————————-
B——7/9/11——————————————–
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-
yg berarti km hanya membunyikan note yg pertama menggunakan sustain untk menghasilkan note lagu
yg berarti km hanya membunyikan note yg pertama menggunakan sustain untk menghasilkan note lagu
Semoga bermanfaat
EmoticonEmoticon